EVOLUSI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
INFORMASI
Perkembangan teknologi informasi yang
sedemikian cepat telah membawa dunia memasuki era baru yang lebih cepat dari
yang pernah dibayangkan sebelumnya. Setidaknya ada empat era penting sejak
diketemukannya computer sebagai alat pengolah data sampai dengan era internet.
Saat computer menjadi senjata utama dalam berkompetisi dan masing-masing era
mempunyai karakteristik . Munculnya
computer sangat mendukung terhadap dunia usaha. penyebab utama terjadinya era globalisasi adalah
karena perkembangan pesat teknologi informasi.
secara garis besar , ada empat periode atau era perkembangan sistem informasi , yang dimulai dari pertama kali diketemukannya komputer hingga sat ini. ke empat era tersebut terjadi tidak hanya karena di picu oleh perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh teori-teori baru mengenai manejemen perusahaan modern. oleh karena itu , dapat dimengerti bahwa masih banyak perusahaan terutama dinegara berkembang , yang masih sulit mengadaptasikan teori-teori baru mengenai manejemen, organisasi , namun teknologi informasi karena masih melekatnya faktor- faktor budaya lokal .
secara garis besar , ada empat periode atau era perkembangan sistem informasi , yang dimulai dari pertama kali diketemukannya komputer hingga sat ini. ke empat era tersebut terjadi tidak hanya karena di picu oleh perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh teori-teori baru mengenai manejemen perusahaan modern. oleh karena itu , dapat dimengerti bahwa masih banyak perusahaan terutama dinegara berkembang , yang masih sulit mengadaptasikan teori-teori baru mengenai manejemen, organisasi , namun teknologi informasi karena masih melekatnya faktor- faktor budaya lokal .
Bagan 2
evolusi perkembangan teknologi informasi
1
ERA KOMPUTERISASI
Cirinya:
1.1
Dimulai sejak tahun 1960
1.2
Minicomputer
dan Mainframe sudah diperkenalkan di perusahaan , Seperti IBM
1.3
Banyak Perusahaan yang memanfaatkan
computer untuk keperluan pengolahan data.
1.4
Kebanyakan
perusahaan-perusahaan besar secara tidak langsung memonopoli pasar-pasa
tertentu, karena belum ada pesaing.
1.5
Hampir semua perusahaan
besar yag begerak dibidang infrastruktur (listrik, komunikasi dan pertambangan
pada saat itu membeli computer untuk untuk membantu kegiatan
administrasinya.
Tiga generasi computer
1. Era pertama komputasi yang dikenal sebagai era mainframe - banyak orang untuk satu
komputer. Komputer ini adalah sistem sentral yang digunakan di seluruh kantor,
dan perusahaan infrastruktur komputasi mereka. Namun, mahal
dan sangat sulit untuk digunakan untuk karyawan rata-rata.
2. Era kedua komputasi yang
dikenal sebagai era
PC - satu komputer untuk satu
orang. Ini era dimana terjadi sebuah ledakan di bidang teknologi. Ini adalah
masa dimana komputer menjadi perangkat wajib untuk digunakan dalam aplikasi
bisnis, dan hampir sama halnya sebagai televisi atau telepon rumah.
3. Era ketiga dikenal dengan ubiquitous
computing
Di era modernisasi ini, hampir seluruh aspek kehidupan kita berhubungan dengan teknologi. Teknologi selalu mengalami perkembangan pesat dan terus-menerus, khususnya perkembangan komputer dan sistem-sistemnya. Generasi saat ini dapat diistilahkan dengan generasi komputer. Generasi berikutnya akan berupa ubiquitous computing, yang menekankan pada distribusi komputer ke lingkungan dibandingkan personal.
Di era modernisasi ini, hampir seluruh aspek kehidupan kita berhubungan dengan teknologi. Teknologi selalu mengalami perkembangan pesat dan terus-menerus, khususnya perkembangan komputer dan sistem-sistemnya. Generasi saat ini dapat diistilahkan dengan generasi komputer. Generasi berikutnya akan berupa ubiquitous computing, yang menekankan pada distribusi komputer ke lingkungan dibandingkan personal.
Ubiquitous
computing merupakan kebalikan
dari realitas virtual. Realitas virtual menempatkan
orang didalam dunia yang diciptakan komputer, ubiquitous memaksa
komputer eksis di dunia manusia. Realitas virtual yaitu
lingkungan buatan yang dibuat dengan perangkat lunak dan disajikan kepada
pengguna sedemikian rupa sehingga pengguna menerimanya sebagai lingkungan
nyata. Pada komputer, realitas virtual dialami
melalui dua dari lima indera: penglihatan dan suara. Bentuk yang paling
sederhana adalah realitas virtual 3-D gambar yang dapat
dieksplorasi secara interaktif di komputer pribadi, biasanya
dengan memanipulasi tombol atau mouse sehingga
isi dari gambar bergerak dalam suatu arah atau membesarkan masuk atau keluar.
Upaya melibatkan yang lebih canggih seperti tampilan di layar, ditambah
dengan komputer, dan haptics perangkat yang memungkinkan kita merasakan tampilan gambar.
|
2
ERA TEKNOLOGI INFORMASI
Cirinya:
2.1
Dimulai sejak tahun 1970
2.2
PC mulai
diperkenalkan untuk menggantikan Minicomputer ataupun mainframe
2.3
Tidak sepeti
halnya pada era komputerisasi ketika komputer hanya menjadi “ milik pribadi “
Divisi EDP perusahaan, diera kedua ini setiap individu di organisasi dapat
memanfaatkan kecanggihan computer, seperti untuk mengolah database,
spreadsheet, maupun data processing.
2.4
Kegunaan
computer di perusahaan tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi tetapi juga
untuk mendukung terjadinya proses kerja yang lebih efektif.
2.5
Pada era ini
computer memasuki babak baru yaitu sebagai suatu fasilitas yang dapat
memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan, terutama yang bergerak
dibidang pelayanan dan jasa.
3
ERA SISTEM INFORMASI
Cirinya:
a.
Diperkenalkan diawal tahun 1980-an
b. Teori manajemen organisasi modern
mulai diperkenalkan terutama teori manajemen perubahan.
c. Dalam pemilihan produk atau
jasa yang dibutuhkan seorang pelanggan akan mencari perusahaan yang menjual
produk atau jasa tersebut: cheaper (lebih murah), better (lebih baik), faster (
lebih cepat)
d. Peranan komputer dan teknologi
informasi yang digabungkan dengan komponen lain seperti proses, prosedur,
struktur organisasi, SDM, budaya perusahaan, manajemen dan komponen terkait
lainnya, dalam membentuk system informasi yang baik , merupakan salah satu
kunci keberhasilan perusahaan secara strategis.
4
ERA GLOBALISASI INFORMASI
Cirinya:
a. Diawali sejak tahun 1990
b.
Tidak ada yang
dapat menekan laju perkembangan teknologi informasi.
c.
Penerapan
teknologi LAN, MAN, WAN dan globalnet
d. Diperkenalkan Payment Electronic
(pembayaran secara elektronik)
e. Faktor Ekonomi
(krisis), Sosial budaya (reformasi), dan politik (demokrasi) akan mempengaruhi
pada era ini yaitu dalam hal menghasilkan kebijakan-kebijakan dan
peraturan-peraturan baru yang harus ditaati oleh perusahaan.
Internet :
Berasal dari
kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan berbagai
komputer dengan
berbagai tipe yang membentuk system jaringan yang mencakup
seluruh dunia
dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon.
Yang mengatur
integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini adalah protocol –
protocol yang
umum disebut TCP/IP. Transmission Control Protocol) yang memastikan
bahwa semua
hubungan bekerja dengan benar. Sedangkan IP address (Internet
Protokol) yang
mentransmisikan data dari datu komputer ke komputer ini.
Fasillitas Internet
1. Web :
Fasilitas Hipertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi,
animasi dan
data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling
berhubungan
satu sama lain.
2. E-Mail
(Electronic Mail) : dengan fasilitas ini anda dapat mengirim dan menerima
surat
elektronik pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di Internet dan
bila perlu anda
dapat menyertakan file sebagai lampiran.
3. Newsgroup :
Fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita,
tanggapan,
surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang
tergabung dalam
kelompok diskusi untuk topik tertentu.
4. FTP (File
Tranfer Protocol), fasilitas ini digunakan menghubungkan ke server
komputer
tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang anda butuhkan
dari server
tersebut dan menyimpannya di komputer anda.
Aset
Teknologi Informasi
Ada tiga aset penting kaitannya dengan teknologi Informasi (the three information technology assets),antara lain:
1. Asset Sumberdaya manusia (human asset)
Sumber daya manusia yang termasuk asset,diantaranya para staf penanggung jawab perencanaan dan pengembangan teknologi informasi,seperti :
• Divisi teknologi informasi
• Departemen informasi
• Dll.
Selanjutnya dalam menyeleksi SDM yang diperlukan pada divisi TI ,dimensi utama yang perlu diperhatikan adalah :
• Keahlian teknis
• Pengatahuan tentang bisnis
• Dan orientasi pada pemecahan masalah
Untuk memelihara asset ini perlu dilakukan beberapa upaya untuk peningkatkan melalui :
• Pelatihan (training)
• Pengalam dalam bekerja (on the job experience)
• Pelatihan manajerial (managerial and leadership)
2. Aset Teknologi (technology asset)
Aset yang dimaksud adalah seluruh infrastruktur teknologi informasi,seperti hardware maupun software.Ada dua karkteristik utama yang harus didefinisikan sehubungan dengan asset teknologi,yaitu arsitektur teknologi informasi dan kerangka (platform )standar.Arsitektur teknologi informasi secara konsep dan teknis harus terdefinisi dengan jelas untuk menjamin pengembangan dengan skala jangka pendek,menengah dan panjang.Selain juga diperlukan standarisasi dari hardware dan software yang diperlukan organisasi untuk menjamin kompatibilitas.
3.Aset Relasi (relationship asset)
Aset ini merupakan hubungan teknologi informasi sebagai suatu entitas dengan manajemen pengambil keputusan .Berhasil tidaknya penerapan teknologi informasi di suatu orgaisasi bergantung kepada : pertama,manajemen puncak yang menjadi sponsor proyek –proyek teknologi informasi,seperti para anggota direksi atau direktur ;kedua,manajemen puncak yang dapat memutuskan skala prioritas pengembangan dan implementasi TI.
Ada tiga aset penting kaitannya dengan teknologi Informasi (the three information technology assets),antara lain:
1. Asset Sumberdaya manusia (human asset)
Sumber daya manusia yang termasuk asset,diantaranya para staf penanggung jawab perencanaan dan pengembangan teknologi informasi,seperti :
• Divisi teknologi informasi
• Departemen informasi
• Dll.
Selanjutnya dalam menyeleksi SDM yang diperlukan pada divisi TI ,dimensi utama yang perlu diperhatikan adalah :
• Keahlian teknis
• Pengatahuan tentang bisnis
• Dan orientasi pada pemecahan masalah
Untuk memelihara asset ini perlu dilakukan beberapa upaya untuk peningkatkan melalui :
• Pelatihan (training)
• Pengalam dalam bekerja (on the job experience)
• Pelatihan manajerial (managerial and leadership)
2. Aset Teknologi (technology asset)
Aset yang dimaksud adalah seluruh infrastruktur teknologi informasi,seperti hardware maupun software.Ada dua karkteristik utama yang harus didefinisikan sehubungan dengan asset teknologi,yaitu arsitektur teknologi informasi dan kerangka (platform )standar.Arsitektur teknologi informasi secara konsep dan teknis harus terdefinisi dengan jelas untuk menjamin pengembangan dengan skala jangka pendek,menengah dan panjang.Selain juga diperlukan standarisasi dari hardware dan software yang diperlukan organisasi untuk menjamin kompatibilitas.
3.Aset Relasi (relationship asset)
Aset ini merupakan hubungan teknologi informasi sebagai suatu entitas dengan manajemen pengambil keputusan .Berhasil tidaknya penerapan teknologi informasi di suatu orgaisasi bergantung kepada : pertama,manajemen puncak yang menjadi sponsor proyek –proyek teknologi informasi,seperti para anggota direksi atau direktur ;kedua,manajemen puncak yang dapat memutuskan skala prioritas pengembangan dan implementasi TI.
SIKLUS PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Analisa Kebutuhan Bisnis atau
Manajemen Perusahaan (Business Requiremenets Analysis).
Ada dua tujuan utama dari langkah awal ini :
a. Untuk
mengetahui posisi atau peranan TI
b. Untuk mendefinisikan secara rinci jenis-jenis information
yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan baik secra taktis maupun strategis.
Perencanaan strategis dibidang
pengembangan TI (Information Technology Strategic Planning).
Outputnya
berupa blue print rencana pengembagan sisfo untuk jangka pendek, menengah,
panjang.Juga disusun teknik-teknik terkait bagi implementasi proyek tersebut.
Manajemen Proyek (Information
Technology Project Management)
Secara
garis besar ada tiga jenis proyek yang mendominasi perusahaan di Indonesia.
1.
Segala macam proyek yang berkenaan
dengan konstruksi fisik infrastruktur TI; instalasi kabel, pengadaan komputer,
sampai dengan pembangunan jaringan komputer (LAN) atau WAN.
2.
Implementasi dari paket perangkat lunak yang dibeli perusahaan.
3.
Pengembangan perangkat lunak
aplikasi oleh SDM internal perusahaan (in-house custom development)
Manajemen Pemeliharaan Sistem
(Maintenace Supports DanService)
Review Efektifitas Sistem Informasi
(Information Sys
0 Komentar untuk "EVOLUSI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI"