BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Komunikasi adalah proses yang menyangkut hubungan
manusia dengan lingkungan sekitarnya. Tanpa komunikasi manusia jadi terpisah
dari lingkungan. Namun tanpa lingkungan komunikasi menjadi kegiatan yang tidak
relevan. Dengan kata lain manusia berkomunikasi karena perlu mengadakan
hubungan dengan lingkungannya. Dalam berkomunikasi,manusia tentunya memerlukan
media komunikasi.
Media komunikasi adalah semua sarana yang
dipergunakan untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan atau menyebarkan
dan menyampaikan informasi. Media komunikasi sangat berperan dalam kehidupan
masyarakat. Proses pengiriman informasi di zaman keemasan ini sangat canggih.
Teknologi telekomunikasi paling dicari untuk menyampaikan atau mengirimkan
informasi ataupun berita karena teknologi telekomunikasi semakin berkembang,
semakin cepat, tepat, akurat, mudah, murah, efektif dan efisien. Berbagi
informasi antar Benua dan Negara di belahan dunia manapun semakin mudah.[1]
B.
Rumusan Masalah
Adapun
rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut:
a. Fungsi media komunikasi?
b. Faktor – factor yang mempengaruhi metode komunikasi?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Fungsi Media Komunikasi
a. Efektifitas: dengan media komunikasi
mempermudah kelancaran penyampaian informasi.
b. Efisiensi: dengan menggunakan media
komunikasi mempercepat penyampaian informasi.
c. Konkrit: dengan menggunakan media
komunikasi membantu mempercepat isi pesan yang bersifat abstrak.
d. Motivatif: dengan menggunakan media
komunikasi lebih semangat melakukan komunikasi.[2]
Jenis-jenis media komunikasi
Berdasarkan fungsinya :
a. Fungsi Produksi
Fungsi
produksi adalah media komunikasi yang berguna untuk menghasilkan informasi
contohnya: Komputer pengolah kata (Word Processor).
b. Fungsi reproduksi
Fungsi
reproduksi adalah media komunikasi yang kegunaaanya untuk memproduksi ulang dan
menggandakan informasi contohnya: Audio tapes recorder dan Video tapes.
c. Fungsi Penyampaian Informasi
Fungsi
Penyampaian informasi adalah media komunikasi yang digunakan untuk komunikasi
yang dipergunakan untuk menyebarluaskan dan menyampaikan pesan kepada komunikan
yang menjadi sasaran contohnya: Telephone,Faximile dll.
Berdasarkan Bentuknya :
a. Media Cetak
Media
cetak adalah segala barang cetak yang dapat dipergunakan sebagai sarana
penyampaian pesan contohnya: surat kabar,brosur,bulletin dll.
b. Media Visual atau media pandang
Media
visual adalah penerimaan pesan yang tersampaikan menggunakan indra penglihatan
contohnya: Televisi,foto dll.
c. Media Audio
Media
Audio adalah penerimaan pesan yang tersampaikan dengan menggunakan indra
pendengaran contohnya: Radio, Tape recorder dll.
d. Media Audio Visual
Media
audio visual adalah media komunikasi yang dapat dilihat sekaligus didengar jadi
untuk mengakses informasi yang disampaikan, digunakan indra penglihatan dan
pendengaran sekaligus contohnya : Televisi dan Film.
Berdasarkan jangkauan penyebaran
informasi
a. Media Komunikasi Eksternal
Ialah
media komunikasi yang dipergunakan untuk menjalin hubungan dan menyampaikan
informasi dengan pihak-pihak luar.[3]
Media
komunikasi eksternal yang sering digunakan antara lain:
·
Media
cetak
ialah
media komunikasi tercetak atau tertulis dimaksudkan untuk menjangkau public
eksternal seperti pemegang saham, konsumen, pelanggan, mitra kerja, dan
sebagainya. Contohnya adalah makalah perusahaan, bulletin, brosur. Media
eksternal cetak ini berfungsi sebagai :
- Media Penghubung;
- Media Penghubung;
-
Sarana menyampaikan keterangan-keterangan kepada kalayak
-
Media Pendidikan
-
Sarana membentuk opini public
-
Sarana membangun citra
·
Radio
Radio
adalah alat elektronik yang digunakan sebagai media komunikasi dan informasi
yang termasuk media audio yang hanya dapat memberikan rangsangan audio
(pendengaran) saja. Melalui alat ini orang dapat mendengar siaran tentang
berbagai peristiwa, kejadian penting dan baru, masalah-masalah dalam kehidupan
serta acara hiburan yang menyenangkan.Bentuk radio sangat beragam tapi secara
sederhana bisa dibagi kedalam dua bagian besar. Pertama radio sebagai alat
penerima informasi yang kedua radio sebagai pemberi informasi.
Pengertian
“Radio” menurut ensiklopedi Indonesia yaitu penyampaian informasi dengan
pemanfaatan gelombang elektromagnetik bebas yang memiliki frequensi kurang dari
300 GHz (panjang gelombang lebih besar dari 1 mm).
Streaming
adalah Istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui
Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya
di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat
mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada
bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan
liquid radio.
Dengan kata lain radio streaming adalah radio yang bisa didengarkan lewat internet.
Secara umum Radio mempunyai kegunaan:1. memperjelas pesan yang diterima.2. mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra.3. menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.4. memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan auditori & kinestetiknya.5. memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.
Dengan kata lain radio streaming adalah radio yang bisa didengarkan lewat internet.
Secara umum Radio mempunyai kegunaan:1. memperjelas pesan yang diterima.2. mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra.3. menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.4. memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan auditori & kinestetiknya.5. memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.
·
TV
Televisi
adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata
tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak
(vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh.
Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu
mengubah peradaban dunia.
Dalam
penemuan televisi, terdapat banyak pihak, penemu maupun inovator yang terlibat,
baik perorangan maupun badan usaha. Televisi adalah karya massal yang
dikembangkan dari tahun ke tahun. Awal dari televisi tentu tidak bisa
dipisahkan dari penemuan dasar, hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan
oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era
komunikasi elektronik.
Untuk
menyampaikan pesan kepada public melalui televisi dapat ditempuh dengan
memasang iklan, mengundang wartawan atau reporter televisi agar memuat berita
tentang kegiatan atau dapat pula mengajukan permohonan untuk mengisi acara.
·
Telepon
Sebagai
media komunikasi, telepon sangat penting untuk menyampaikan dan menerima
informasi lisan secara cepat dengan pihak public eksternal.
·
Handphone
(Telephone Seluler)
Handphone
merupakan salah satu dari perkembangan teknologi dengan kecanggihan teknologi
saat ini fungsi handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa tetapi juga
dapat mengakses internet, sms, mms dan juga dapat saling mengirim data. Dengan
semakin majunya teknologi handphone, maka semakin membantu masyarakat dalam
melakukan segala aktivitas, karena handphone dapat dikatakan sebagai identitas
seseorang.
Handphone sekarang sudah banyak dilengkapi oleh kecanggihan teknologi seperti :
Handphone sekarang sudah banyak dilengkapi oleh kecanggihan teknologi seperti :
-
MMS:
seperti pesan teks biasa, tetapi untuk MMS dapat melakukan pengiriman pesan beserta
gambar.
-
3G:
Telepone dengan lawan bicara, tetapi bias dilakukan dengan cara tatap muka.
-
GPRS:
untuk internet, membuka email
·
Surat
Merupakan
media penyampaian informasi secara tertulis, dapat berupa surat konvensional
maupun surat elektronik. Surat menyurat merupakan salah satu kegiatan penting
diperusahaan. Banyak informasi yang keluar masuk perusahaan melalui media
surat, karena surat merupakan media komunikasi yang efektif apabila yang
terkait tidak dapat berhubungan secara langsung atau lisan
·
Internet
Internet
adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di
seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung
satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel
maupun gelombang elektromagnetik).
Internet
merupakan media komunikasi berbasis computer teknlogi informasi. Internet
banyak dipilih oleh perusahaan guna menjalin kemampuan dalam menjangkau khalayak.
Keunggulan
media komunikasi internet adalah:- Mudah, cepat dan murah dengan jangkauan
dunia- Tidak ada birokrasi baik secara teknis maupun non teknis- Tersebar di
berbagai pelosok kota
Di
dalam suatu jaringan internet menyediakan beberapa aplikasi yang dapat
digunakan oleh para user. seperti : Email, Chatting, dan web. Ketiga aplikasi
ini yang sering digunakan dan di masa depan. Ketiga aplikasi ini merupakan
replika dari hal yang sering digunakan di era pra- internet. Internet sering
disebut sebagai komunikasi virtual, yang sering dipahami sebagai virtual
reality. Akan tetapi masyarakat sering salah paham mengenai komunikasi virtual
dan dianggap sebagai virtual reality pada ruang lingkup ( alam maya ) dengan
menggunakan internet
b. Media Komunikasi Internal
Media
komunikasi internal adalah semua sarana penyampaian dan penerimaan informasi
dikalangan public internal dan biasanya bersifat non komersial. Penerima maupun
pengirim informasi adalah orang-orang public internal. Media yang digunakan
secara internal antara lain seperti :
1. Telephone
2. Surat
3. Papan pengumuman
4. House jurnal (Majalah Bulanan)
5. Printed Material ( Media komunikasi
dan Publikasi berupa barang cetakan)
6. Media Pertemuan dan pembicaraan
B.
FAKTOR
- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI METODE KOMUNIKASI
1.
Manusia
Manusia, baik sebagai komunikator maupun komunikan dapat
mempengaruhi proses komunikasi. Berikut ini factor manusia yang dapat
mempengaruhi komunikasi adalah:[4]
Tingkat Pengetahuan
-
Pengetahuan
mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengirimkan pesan, misalnya untuk
memilih kata-kata (diksi), menentukan saat pesan harus disampaikan, serta
mengembangkan berbagai teknik komunikasi verbal dan non verbal.
-
Bagi
seorang penerima informasi (komunikan), pengetahuan penting untuk
menginterpretasikan pesan yang disampaikan oleh komunikator, sekaligus untuk
memberi umpan bailk kepada pemberi pesan.
Perkembangan
-
Perkembangan
manusia mempengaruhi bentuk komunikasi dalam dua aspek, yaitu tingkat
perkembangan tubuh mempengaruhi kemampuan untuk menggunakan tehnik komunikasi
tertentu dan untuk mempersepsikan pesan yang disampaikan.
-
Keterampilan
penguasaan bahasa bergantung pada perkembangan neurology dan kognitif. Bayi
berkomunikasi melalui tangisan. Kita tidak mungkin menerangkan tentang penyakit
secara kompleks dan detil kepada anak, karena ia memang masih sulit menangkap
pesan dari situasi non verbal.
Sosiokultural
-
Posisi
individu secaara sosiokultural mempengaruhi perilaku komunikasi antar individu
karena status sosiokultural membentuk tatacara komunikasi.
-
Pada
budaya Jawa, dalam berkomunikasi dengan orang yang dihormati atau yang lebih
tua, digunakan bahasa yang halus.
-
Komunikasi
dengan seorang raja di keraton, dilakukan dengan tata cara yang berbeda dengan
cara yang digunakan dalam komunikasi dengan teman sejawat dan sebagainya.
Jenis Kelamin
-
Laki-laki
dan perempuan menunjukkan gaya komunikasi yang berbeda dan memiliki
interpretasi yang berbeda terhadap suatu percakapan.
-
Tannen
(1990) menyatakan bahwa kaum perempuan menggunakan teknik komunikasi untuk
mencari konfirmasi, meminimalkan perbedaan, dan meningkatkan keintiman,
sementara kaum laki-laki lebih menunjukkan independensi dan status dalam
kelompoknya.
Peran dan
Tanggungjawab
-
Peran
dan tanggung jawab memengaruhi komunikasi yang dilakukan individu, baik teknik
maupun isi komunikasi.
-
Petugas
kesehatan lebih sering menggunakan formal dan membicarakan kondisi klien karena
tanggungjawabnya serta membuat banyak tulisan dalam berkomunikasi sebagai
bentuk tanggunggugatnya.
-
Sementara
dalam pergaulan individu membicarakan tentang rumahtangganya, anak-anaknya,
atau cita-citanya.
-
Komunikasi
seperti ini tidak memerlukan media tulisan. Perbedaan peran dan tanggung jawab
menimbulkan perbedaan teknik dan isi komunikasi. [5]
Atensi
-
Atensi memengaruhi kemampuan individu
untuk berintaraksi.
-
Atensi terhadap suatu hal dapat
menyebabkan kemampuan fungsi indra menurun dan bahkan berkurang sehingga kadang
kala seseorang yang sedang asyik bekerja tidak mennyahut panggilan rekan
kerjanya.
-
Sedangkan perbedaan atensi dapat
menimbulkan perbedaan perbedaan persepsi dan distorsi pesan.
-
Seorang montir dapat mempersepsikan
kata “tank” menjadi tang”. Hal ini terjadi karena atensi yang
berbeda pada masing-masing individu.
Sikap
-
Sikap
individu dalam komunikasi dapat menghambat proses komunikasi itu sendiri. Sikap
yang hangat, bersahabat, ramah, dan terbuka akan memungkinkan proses komunikasi
yang terbuka dipertahankan.
-
Sebaliknya,
sikap kurang menghargai orang lain, tertutup, dingin, dan curiga dapat
membuatproses komunikasi terhambat.
Persepsi
-
Persepsi
individu ketika berada dalam suatu proses komunikasi dapat memengaruhi,
menghambat, atau bahkan memutus komunikasi yang sedang dilakukan.
Berikut adalah
contoh kesalahan persepsi:
Andi : ”Ana,
Saya dengar kamu mau menikah?”
Anna : ”Ya,
pasti pasti saya mau menikah.”
Andi : ”Kapan
kamu mau menikah?”
Anna : ”Wah
saya belum tahu, karena saya belum punya calon suami.”
Andi :
”Lho.....Tadi katanya mau menikah?”
Anna : ”Tentu
saja......Masa saya tidak mau menikah!”
Pada contoh
komunikasi diatas, ada perbedaan persepsi antara Andi dan Anna. Andi
mempersepsikan kata ”mau” sebagai ”akan” sementara Anna mempersepsikan kata
”mau” sebagai ”ingin”. Situasi di atas menimbulkan distorsi dalam komunikasi. [6]
Hubungan
-
Hubungan
yang erat antar individu pada suaut proses komunikasi dapat mempengaruhi teknik
dan materi komunikasi.
Pada komunikasi yang dilakukan antara dua orang yang belum
saling kenal, umumnya setting komunikasi terjadi pada situasi formal.
Sebagai contoh, hubungan antara pengacara dan kliennya,
dokter dan pasien, pedagang dan pelanggan.
Sedangkan pada komunikasi antara individu yang saling kenal,
komunikasi cenderung berlangsung dalam konteks nonformal, lebih terbuka, dan
menggunakan tehnik komunikasi yang lebih beragam.
2.
Pesan
Isi pesan
Isi pesan yang ingin disampaikan dapat
mempengaruhi tehnik komunikasi yang digunakan individu. Isi pesan yang
menggembirakan biasanya disampaikan dengan wajah berseri dan suara lantang.
Isi pesan yang yang bersifat informasi
disampaikan dengan suara yang relatif datar dan pelan, sedangkan isi pesan yang
bersifat rahasia disampaikan dengan berbisik atau menggunakan secarik kertas
kecil atau dgn bahasa isyarat ttt.
Isi pesan mempengaruhi perilaku
penyampaian pesan dan perlu tidaknya pesan yang disampaikan diberi umpan balik.
Selain hal-hal diatas, jumlah pesan
juga mempengaruhi proses penerimaan pesan dari komunikator kepada komunikan.
Pesan yang terlalu banyak
(overloaded) dapat menimbulkan kebingungan atau kejenuhan pada penerima pesan.
Penyampaian pesan
-
Proses penyampaian pesan
mempengaruhi komunikasi karena beberapa penggunaan pola penyampaian pesan yang
kurang tepat mengakibatkan distorsi pesan dan bahkan tidak terjadi kontinuitas.
-
Penyampaian pesan secara berapi-api
pada saat kampanye dan demonstrasi, penyampaian pesan dengan suara keras dan
relatif bersemangat selama proses belajar-mengajar, merupakan hal-hal yang
dapat memperkuat makna pesan dan memungkinkan pesan lebih dimengerti oleh
komunikan.
-
Penyampaian pesan dengan berbagai
metode, misalnya secara lisan, dengan menggunakan gambar, demonstrasi dan
gerakan tertentu membuat pesan diterima secara bermakna oleh orang lain.
3.
Lingkungan
Stimulus eksternal
-
Stimulus eksternal, misalnya suara
bising, gaduh, atau perhatian yang tiba-tiba teralih, dapat menyebabkan
penurunan kemampuan untuk menangkap pesan atau konsentrasi untuk mencerna pesan
yang disampaikan.
-
Bising dari luar dapat membuat pesan
mengalami bias dan distorsi atau bahkan tidak dapat disampaikan baik secara
parsial maupun total.
Nilai dan budaya/adat
-
Berbagai nilai dan budaya dalam
masyarakat menjadi rambu-rambu bagi penyelenggaraan komunikasi.
-
Budaya mengatur bahasa yang
digunakan sebagai salah satu alat komunikasi sekaligus mengatur penggunaan
tehnik nonformal dalam komunikasi.
-
Adat dan nilai mengatur hubungan
individu ketika melakukan komunikasi.
-
Berkomunikasi dalam jarak yang terlalu
dekat dengan lawan jenis yang bukan suami/istri dipandang kurang baik oelh
sebagian besar bangsa Indonesia.
-
Memegang janggut ketika terlibat suatu
perbincangan merupakan bentuk penghormatan bagi orang Arab.
-
Membungkukkan badan sebelum
berbicara kepada orang Jepang menunjukkan rasa hormat.
Jarak dan teritori
-
Jarak antara komunikator dan
komunikan mempengaruhi komunikais yang dilakukan. Komunikasi antar individu
dalam jarak dekat dapat dilakukan secara lisan, tulisan ataupun non verbal.
-
Sedangkan jarak yang cukup jauh,
komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan media tulisan.
-
Jarak yang jauh ini juga menyebabkan
penggunaan media cetak dan media elektronik untuk menyampaikan pesan, misalnya,
menggunakan telepon, televisi, radio dan sebagainya.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Media komunikasi sangat berperan dalam kehidupan
masyarakat. Proses pengiriman informasi di zaman keemasan ini sangat canggih.
Teknologi telekomunikasi paling dicari untuk menyampaikan atau mengirimkan
informasi ataupun berita karena teknologi telekomunikasi semakin berkembang,
semakin cepat, tepat, akurat, mudah, murah, efektif dan efisien. Berbagi
informasi antar Benua dan Negara di belahan dunia manapun semakin mudah.
B. Saran
Semoga dalam pembuatan
makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya, dan penulis pada
khususnya.
DAFTAR PUSTAKA
Buku Komunikasi Bisnis, “Sutrisna Dewi”.http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2100725-cara-mengatasi-hambatan-dan-memperbaiki/#ixzz1qCPP0d00a
http://www.anneahira.com/faktor-penghambat-komunikasi.htm
[4]
Buku Komunikasi Bisnis, “Sutrisna Dewi”.
0 Komentar untuk "MAKALAH FUNGSI MEDIA KOMUNIKASI"